Powered By Blogger

Minggu, 08 Januari 2012

cara menjaga kekencangan perut

Rasanya semua sepakat, perut menjadi bagian tubuh yang bermasalah bagi banyak orang. Tak peduli apakah dia wanita atau laki-laki, perut bisa menjadi pemandangan yang mengganggu dalam sebuah penampilan. Berlemak, buncit , kendur, dan banyak lipatan di mana-mana merupakan hambatan untuk mendapatkan sebuah penampilan yang sempurna.

Masalahnya akan semakin bertambah berat jika hal itu terjadi pada kaum hawa, terutama ibu-ibu pasca melahirkan. Mereka harus berjuang ekstraketat untuk mengembalikan elastisitas dan kekencangan perut mereka akibat persalinan. Tak hanya tumpukan lemak, kini ditambah kekenduran otot pasca melahirkan yang harus segera dikembalikan ke kondisi normal.

Pakar kecantikan dan kebugaran, Priscilla Isabella, mengatakan selama ini banyak metode atau cara untuk mengencangkan otot perut dan membuatnya rata kembali, terutama bagi perempuan sesudah melahirkan. "Tinggal mau yang mana, cepat atau lambat," kata Priscilla. Pilihannya pun begitu beragam, mulai dari cara yang alamiah melalui sejumlah rangkaian latihan olah raga seperti sit up, latihan cardio crunches, dan lain sebagainya.

Atau juga melalui jalur medis, misalnya dengan suntik lemak atau juga dengan mesolipo yakni sebuah perawatan untuk menghancurkan lemak, termasuk lemak yang ada dalam perut. "Pilihannya, balik lagi, mau pakai yang mana, pengin cepat atau lambat," tambah Priscilla. Yang pasti, lanjut Priscilla yang menjadi ikon kecantikan di Kelapa Gading ini, untuk mendapatkan perut yang rata dan seksi jelas memerlukan proses yang tidak sederhana. Diperlukan ketekunan dalam menjalankan semua program latihan dan juga perawatan yang telaten. "Tidak ada usaha yang tidak sia-sia. Pasti akan ada hasilnya," tambahnya.

Mengombinasikan kedua cara tersebut menjadi pilihan yang bagus untuk mengembalikan kekencangan otot perut yang bergelambir, terutama bagi para ibu pasca melahirkan. Pasalnya, menurut Priscilla, akan jauh lebih mudah untuk membentuk otot perut saat perut memang tidak dibebani dengan lemak yang berlebihan. "Biasanya, begitu lemaknya habis, ya perut akan kencang lagi, dan lebih mungkin menjadi rata kembali," ujarnya. Sejatinya, seperti apakah otot perut yang kencang? Kencang bagi keberadaan sebuah otot memang memiliki beragam definisi.

Namun, sebagian besar orang berpendapat bahwa kencang biasanya menyiratkan keadaan kerampingan tubuh saat persentase lemak dalam tubuh relatif rendah. Definisi lain menyebut kencang adalah ketika otot-otot tersebut terlihat berbentuk seperti otot para binaragawan. Dalam kasus otot perut rujukannya mungkin seperti yang dikenal dengan istilah six pack.

Meski demikian, menurut Priscilla, kencang bagi perempuan tak musti harus membentuk perut yang terlihat kotak-kotak. Tetapi perut yang terlihat rata tanpa timbunan lemak maupun tidak bergelambir. "Kecenderungannya, kalau lemaknya sedikit, maka perut juga tidak akan lembek dan bergelambir," tukas Priscilla. Meski demikian, banyak juga perempuan yang mengeluhkan bagian perut mereka yang membuncit. Meskipun mereka tergolong kurus, bagian perut mereka justru akan terlihat membesar, terutama saat mengonsumsi lebih dari konsumsi makan sehari-hari. "Itulah kenapa saya menganjurkan harus ada pola konsumsi yang benar," ujarnya. Pola konsumsi yang tepat dengan makanan yang tidak berlebihan disertai diet seimbang, lanjut Priscilla, akan membantu untuk menjaga atau memelihara elastisitas kekencangan perut.nik/L-1

Ikuti Latihan dengan Benar

Umumnya, otot perut akan terlihat kencang jika berlatih secara rutin dan teratur, disertai dengan beragam perawatan, termasuk juga dengan diet kalori seimbang, protein dan karbohidrat yang cukup, serta rendah lemak. Guna membentuk perut yang indah dan ramping, setidaknya latihan pun harus terfokus pada dua tujuan, yakni meningkatkan ukuran sel otot dan penurunan persentasi lemak tubuh.

Namun, apa saja latihan yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah untuk mendapatkan bentuk perut yang indah dan rata ini? Ingin membentuk perut, maka sasaran yang dilatih tentu saja otot bagian perut. Melatih otot perut bagian atas bisa dilakukan dengan menggerakkan badan. Salah satu gerakan badan yang paling dikenal masyarakat untuk mengecilkan otot perut adalah dengan sit up, dengan tangan diletakkan di dada, bukan di leher.

Hal ini dilakukan untuk menghindari stres yang lebih besar pada leher. Tekanan pada lutut atau pergelangan kaki bisa dihindari dengan membengkokkan kaki saat latihan. Selain badan yang bergerak, latihan juga bisa dipusatkan pada kaki. Maka, yang terkena adalah otot perut bagian bawah. Untuk melakukan gerakan ini butuh bantuan orang lain sebagai tumpuan tangan. Tangan memegang kaki bagian bawah orang lain, sedangkan kaki kita bergerak ke atas dan ke bawah hingga membentuk sudut 90 derajat. Jangan pernah lupa untuk mengatur napas. Buang napas pada saat naik atau saat terberat dan tarik napas ketika turun atau saat bagian teringan. Gerakan ini bisa dilakukan 10-20 secara b berulang sebanyak tiga set.

Aktivitas ini juga baiknya dilakukan ketika perut dalam kondisi kosong sehingga tidak sakit saat melatih otot perut Selain sit up masih banyak latihan lain yang membantu untuk mengencangkan otot perut. Seperti cardio exercise berupa joging, senam aerobik atau pun dengan menggunakan peralatan seperti treadmill atau sepeda statis. Aktivitas lain yang membantu untuk mengencangkan otot perut juga bisa dilakukan dengan berenang atau bersepeda. nik/L-1

Seyogianya Anda Perhatikan

Mendapatkan perut yang kencang dan seksi jelas bukanlah cara yang mudah dan bisa diraih dengan cara yang instan. Tidak hanya itu, kondisi tersebut juga harus melalui serangkaian perawatan untuk menjaga agar perut tetap terlihat ramping dan, tentu saja, seksi. Menggabungkan perawatan, diet sehat, serta latihan adalah kunci untuk mendapatkan bentuk perut yang diimpikan. Berikut tip yang dibagikan oleh Priscilla Isabella, pakar kecantikan dan kebugaran.

1. Pola makan yang cukup dan tidak berlebihan.

Konsumsi makanan yang berlebihan bisa menjadi masalah dan ancaman bagi perut. Makan tidak terlalu banyak, namun sering, justru jauh lebih baik dibandingkan dengan mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak sekaligus. Lebih dianjurkan hindari mengemil yang tidak sehat.

2. Konsumsi air putih yang cukup.

Sebagian kalangan mengatakan konsumsi air putih justru akan membuat perut menjadi besar. Padahal, air putih justru membantu dalam proses pembakaran lemak.

3. Konsumsi banyak serat, terutama serat dari buah-buahan.

Mengonsumsi jus buah, setidaknya pagi saat bangun tidur maupun malam menjelang tidur, adalah pilihan yang baik. Namun, perhatikan juga kadar gula dalam jus Anda. Atau sebaiknya hindari penambahan pemanis untuk jus Anda.

4. Atur posisi tidur.

Posisi tidur sebaiknya dalam kondisi rata atau telentang. Tidur tengkurap atau miring justru akan membuat sisi-sisi tertentu menjadi bergelambir.

5. Bagi perempuan pasca melahirkan, sebaiknya gunakan angkin atau kemben sesaat setelah melahirkan untuk tetap menjaga kerampingan perut. Saat ini, sudah banyak angkin modern yang bisa didapatkan di pasaran agar tubuh terlihat tetap cantik. nik/L-1

1 komentar:

  1. bagus banget infonya sis untuk mengembalikan kekencangan perut. makasih atas infonya sis. oh iya sis tahu referensi untuk membeli baju senam crystal? ditunggu infonya ya sis. makasih ^_^

    BalasHapus