Selasa, 10 Januari 2012

Teknologi Informasi Dan komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Dikelas

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informatika telah membawa pengaruh terhadap penggunaan alat-alat bantu mengajar di sekolah-sekolah dan lembaga-lembaga pendidikan lainnya. Mungkin saja, bagi sekolah-sekolah yang sudah maju dan mampu, telah menggunakan alat-alat tersebut sebagai alat bantu mengajar, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien.
Seiring dengan kemajuan teknologi informasi, perkembangan pendidikan di sekolahan semakin lama semakin mengalami perubahan dan mendorong berbagai usaha perubahan. Proses pendidikan di sekolah-sekolah kita telah menunjukkan perkembangan pesat pada bidang kurikulum, metodologi pembelajaran, peralatan dan penilaian. Selain itu, juga terjadi perubahan pada bidang administrasi pendidikan, organisasi, personil [SDM], dan supervisi pendidikan. Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa perubahan yang terjadi merupakan pembaharuan dalam sistem pendidikan yang menyangkut semua aspek atau komponen yang ada.
Sekarang ini proses pembelajaran di sekolah mulai disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi, sehingga telah terjadi perubahan dan pergesaran paradigma pendidikan. Misalnya saja, perkembangan pesat dibidang teknologi informasi internet, dapat mempercepat aliran ilmu pengetahuan yang dapat menembus batas-batas dimensi ruang, birokrasi, kemapanan, dan waktu. Katakan saja program-program internet bukan hanya data dan informasi yang dapat di transmisikan dengan kecepatan tinggi, tetepi ilmu pengetahuan dapat diakses secara cepat oleh penggunanya. Maka kemampuan, kecepatan dan kesempatan untuk mengakumulasi, mengolah, menganalisis, mensintesa data menjadi informasi yang kemudian menjadi ilmu pengetahuan yang bermanfaat, sangatlah penting artinya dalam dunia informasi saat ini. Tentu saja, kondisi ini berpengaruh pada kebiasaan dan budaya pendidikan yang dikelola dan dilakukan selama ini.
Kemajuan dan peranan teknologi sudah sedemikian menonjol, sehingga penggunaan alat-alat, perlengkapan pendidikan, media pendidikan dan pengajaran di sekolah-sekolah mulai disesuaikan dengan kemajuan. Penggunaan alat-alat bantu mengajar, alat-alat bantu peraga pendidikan, audio, visual, dan audio-visual serta perlengkapan sekolah serta perlengkapan peralatan kerja lainnya, mulai disesuaikan dengan perkembangan tersebut. Maka yang perlu diperhatikan adalah semua peralatantan dan perlengkapan sekolah harus disesuaikan dengan tuntutan kurikulum, metode, materi, dan tingkat kemampuan pembelajar [siswa] untuk mencapai tujuan pembelajaran. Ada beberapa aspek yang menonjol, dalam proses pembelajaran, yaitu metode pengajaran, media pembelajaran, dan penilaian. Oleh karena itu, para pengajar [guru dan dosen] dapat menerapkan aspek-aspek pembelaja-ran tersebut.
Perkembangan teknologi eloktronik dan informasi telah mempengaruhi penggunaan ber- bagai jenis media, sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran di kelas Tuntutannya, para pengajar harus mampu meng-gunakan alat-alat atau perleng-kapan tersebut secara efektif dan efisien. Tetapi sisi lain, pengajar juga diisyaratkan untuk menggunakan alat-alat yang murah, efisien, dan mampu dimiliki sekolah baik yang dibuat oleh pengajar sendiri, maupun alat-alat kompensional yang sudah ada dan tidak menolak kemungkinan meng-gunakan alat-alat yang sesuai dengan tuntutan perkembangan ke-majuan teknologi.
Pengajar mulai berusaha membiasakan diri untuk menggunakan peralatan-peralatan, seperti OHP, LCD, CD, VCD, Vidio, komputer, dan internet dalam pembelajaran di kelas, dengan berbagai program pembelajaran yang dapat dikembangkan. Untuk sekolah-sekolah yang sudah maju, seharusnya sudah berusaha untuk melakukan berbagai upaya perbaikan pada alat-alat dan perlengkapan pendidikan yang digunakan. Demikian pula kesedian pengajar untuk menyesuaikan dan menggunakan alat-alat pendidikan konpensional yang sudah ada dengan tidak menolak menggunakan alat-alat yang sesuai dengan kemajuan teknologi modern. Sekolah-sekolah yang mampu, mungkin saja telah memiliki peralatan pendidikan yang memadai dan telah menggunakan jenis media yang disesuaikan dengan tuntutan perkembangan semua mata pelajaran, seperti menggunakan radio, TV, film, komputer, VCD, DVD, LCD, internet, sebagai sarana pembelajaran. Di Indonesia telah dicobakan penggunaan radio dan televisi pendidikan [TVP].Sekarang ini mulai dikembangkan pembelajaran berbasis e-learning internet. Maka bagi sekolah-sekolah jarak jauh atau pembelajaran jarak jauh, tentu saja memerlukan perlengkapan pendidikan yang baik dan disesuaikan dengan perkembangan alat-alat yang digunakan dalam proses pembelajaran dan pendidikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar